Dalam membersihkan diri, sholat bagaikan sungai yang mengalir

          Dari Sayyidina Abu Hurairah r.a, ia berkata “aku mendengar Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bertanya, ‘bagaimana pendapat kalian jika ada sebuah sungai di depan pintu seseorang dari kalian, lalu ia mandi di dalamnya lima kali sehari, apakah masi ada kotoran badan yang melekat di badannya?’ para sahabat Radiallahu ‘anhum menjawab ‘tidak akan ada kotoran badan yang masih melekat di tubuhnya, Allah SWT akan menghapus dosa-dosanya.” (H.R. Bukhari, muslim, tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, dari kitab At-Targhib)
            Dari Sayyidina Jabir r.a ia berkata “Baginda Rasulullah SAW bersabda, ‘perumpamaan sholat lima waktu adalah seperti sebuah sungai yang dalam, yang mengalir di depan pintu seseorang dari kalian, ia mandi di dalamnya lima kali sehari.’” (H.R. Muslim, dari kitab At-Targhib)
            Biasanya air yang mengalir itu bersih dari kotoran dan lain-lain. Semakin dalam sebuah sungai, airnya semakin jernih dan bersih. Oleh karena itu, Hadits di atas mengumpamakan sholat dengan sungai yang dalam dan mengalir yang apabila seseorang mandi di dalamnya badanya akan bersih, demikian pula, sholat yang di lakukan dengan menjaga adab-adabnya dapat membersihkan segala dosah kita.
               Mari kita sama-sama menjaga sholat kita agar kita terhindar dari siksaan kubur dan siksaan api neraka, khususnya di bulan Romadhon ini kita jangan hanya berfokus pada puasa saja, tetapi ibadah lainnya juga harus kita jaga dan kita laksanakan, sunggu berbeda derajat orang yang hanya berpuasa namun tidak melaksanakan amalan lain, dengan orang yang berpuasa dan mengerjakan amalan lain seperti sholat tarawih dan sholat lima waktu.

SUMBER : KITAB FADHILAH AMAL

Komentar